Minggu, 21 Februari 2016

KOMPUTER MATI MENDADAK

Penyebab Komputer Mati Mendadak

Komputer yang mati mendadak tanpa sebab memang kadang menjengkelkan, apalagi jika tak kunjung dapat menemukan penyebabnya. Masalah komputer mati secara tiba-tiba / mendadak ini bisa disebabkan oleh 2 faktor yakni hardware dan software. Nah, yang akan diulas pada artikel kali ini adalah faktor hardware yang bisa anda baca dibawah ini :

1. Overheating / Temperatur yang tinggi

Tingginya temperatur pada proccessor dapat menyebabkan komputer mati secara tiba-tiba. Ini dimaksudkan untuk melindungi komponen-komponen komputer agar tidak terbakar oleh suhu yang tinggi sehingga dapat menghindari kerusakan komponen yang lebih parah.

Langkah perawatannya adalah :

Lakukan perawatan sistem pendingin komputer (Heatsink) anda secara teratur, bersihkan debu-debu yang menempel serta ganti thermal-pasta dengan yang baru bila sudah kering. Pertimbangkan juga untuk menggunakan Heatsink yang lebih baik.

2. PSU atau Power Supply yang bermasalah

Tidak stabilnya voltase yang dihasilkan oleh power supply dapat memicu komputer untuk restart atau bahkan mati dengan sendirinya. Kenapa ? karena pada saat restart sebenarnya PC menunggu agar voltase yang dihasilkan oleh PSU ini menjadi stabil terlebih dahulu dengan cara membaca sinyal PG yang ada pada PSU, sehingga aman untuk komponen-komponennya. Namun, lain ceritanya bila PSU anda memang bermasalah maka PC akan restart secara berulang-ulang atau mati dengan sendirinya.
Maka dari itu, belilah Power Supply yang memang benar-benar bagus dari segi spesifikasi dan harga. Beberapa brand yang dikenal memproduksi PSU dengan kualitas yang baik dan dijual di indonesia diantaranya adalah Seasonic, Xigmatec, Corsair, Thermaltake, SilverStone, Amacrox, Super Flower, Rosewill dsb.

Hati hati dengan PSU yang asal jadi (abal-abal) !
karena biasanya pada PSU ini tidak disertakan sensor voltase (sensor PG) sehingga berapapun voltase yang di hasilkan PSU ini akan mengeluarkan sinyal PG palsu sehingga komputer akan berfikir bahwa voltase yang dihasilkan oleh PSU sudah stabil (padahal kenyataanya lain). Hali ini akan menyebabkan komponen komputer anda seperti mainboard, hard-disk, graphic-card dan lainya cepat rusak atau bahkan terbakar.

3. Rusaknya Memory / RAM

Memory adalah sebuah perangkat penting, tanpa memory maka mustahil komputer bisa digunakan (kecuali memang ada penemuan teknologi terbaru setelah artikel ini ditulis). Gejala yang sering timbul disebabkan oleh memory yang bermasalah ini biasanya adalah komputer sering mengalami kegagalan sistem dan crash, restart dan mati secara tiba-tiba.

Untuk mengetahui apakah memory bermasalah kita bisa menggunakan tools memori diagnostik seperti Memory Diagnostics Tools yang terdapat pada Windows atau Memtest pada untuk Linux dan Mac. Bila memang terdapat indikasi masalah sebaiknya ganti memory anda dengan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar