Kamis, 18 Februari 2016

Jenis Cat

Tips Penggunaan Jenis Cat


Cat Enamel
Image result for cat enamel
Enamel – Cat enamel merupakan salah satu cat yang paling tua dan pertama ditemukan. Cat enamel menggunakan solvent yang berasal dari mineral dan turunan bensin, lama sekali mengering. Cat enamel butuh waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk mengering sepenuhnya. Permukaan model kit yang dicat dengan enamel bahkan cenderung lebih lembek bila dibandingkan cat lacquer. Tetapi mereka dapat dipoles dengan baik saat benar-benar kering.
 Penggunaan: 
Cat enamel diencerkan dengan mineral dan lacquer thinner yang sudah disebutkan di atas, disamping dengan thinner yang direkomendasikan produsen cat. Cat enamel diantaranya: Testors, Testors Model Masters, and Humbrol. untuk alternatif hemat dalam modeling cat enamel sebenarnya juga bisa diencerkan dengan thinner impala atau isi zippo. saya sendiri lebih senang menggunakan zippo sebagai pengencer karena lebih cepat kering.
 Kekurangan:
Cat enamel cenderung menghasilkan lapisan tebal dan ‘lari’ dari permukaaan dengan mudah sehingga kurang cocok diterapkan menggunakan teknik Air Brust.

Dari segi kesehatan cat enamel tidak terlalu berbahaya. dari segi kegunaan turunan Bensin yang menjadi solvent dari cat enamel juga tidak merusak plastik.

Cat lacquer
Image result for cat lacquer spray
Cat lacquer menggunakan solvent organik sebagai pengencernya. Cat lacquer memiliki bau yang paling menyengat dan berbahaya diantara kedua tipecat lainnya ketika dihirup. Hal baiknya adalah karena solvent organik ini sangat mudah menguap jadi cat lacquer merupakan yang paling mudah kering diantara ketiga tipe cat. Biasanya  setelah kering cat tipe ini sangat sulit untuk dihapus tanpa merusak plastik model kit ada. Hal ini dikarenakan cat lacquer merupakan campuran dari banyak bahan kimia, pigment dan carrier-nya yang sangat tangguh sehingga melekat erat di permukaan model kit dengan baik. Cat lacquer juga dapat masuk ke celah kecil dan sempit sehingga sangat baik untuk mengecat bagian detil dari model kit.

Jenis lacquer Cat kaleng semprot seperti:
 Tamiya,  Duplicolor,  Pylox.
dan untuk jenis yang lain Thinner khusus lacquer yang bisa digunakan untuk mengencerkan cat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar