Minggu, 21 Februari 2016

Cara Mengubah Ukuran Kertas Ms Word Menjadi F4

Ukuran kertas standar yang digunakan dalam menyusun dokumen berbeda-beda, baik antar perusahaan, kampus/universitas maupun instansi lainnya. Untuk mengikuti standar ukuran kertas yang sudah ditetapkan terkadang kita harus mengganti ukuran kertas yang ada di lembar kerja microsoft word terlebih dahulu. Cara paling mudah mengganti ukuran kertas adalah melalui tombol yang ada pada ribbon Page layout seperti langkah berikut ini.

A. Memilih Kertas HVS/F4/Folio Pada Daftar Ukuran Kertas

Kamu bisa merubah kertas menjadi F4/Folio di Microsoft Word dengan melakukan hal berikut :
  1. Klik ribbon Page Layout
  2. Lalu klik tombol Size
  3. Dari daftar ukuran kertas, pilih salah satu. Misalkan Leter, A4, A3, F4. B5, dsb. Kalau kamu pengen jadi ukuran kertas F4/HVS/Folio, klik saja F4 yang ada pada daftar tersebut.
  4. Sayangnya, tidak semua ukuran kertas ada pada daftar tersebut, tergantung pada printer yang terinstall dan menjadi default. Kalau kamu tidak ketemu ukuran kertas F4/Folio, klik saja tombol More Paper Sizes.. . kita akan bikin ukuran kertas yang baru. Lalu lanjutkan dengan langkah yang ada pada bagian berikutnya.
Cara Mengubah Ukuran Kertas Ms Word Menjadi F4/Folio/HVS(1)


B. Membuat Kertas Ukuran HVS/F4/Folio (Custom Size)

Bila ukuran kertas tidak ada pada daftar kertas Microsoft Word, maka langkah ini menjadi sangat berarti.
  1. Lakukan seperti sebelumnya, klik Page Layoutlalu Size terus Klik More Paper Sizespada daftar pilihan kertas
  2. Pada dialog Page Setup isikan ukuran kertas pada bagian Paper size
  3. Kamu ketik saja 8,5” pada kotak width, terus kotak Height kamu ketik 13”. Kalo kamu sudah biasa menggunakan satuan ukuran milimeter (mm) atau centimeter(cm) isikan saja dengan menambahkan satuan mm atau cm dibelakang ukuran kertas
  4. Habis itu jangan lupa klik OK. Ukuran kertas pada lembar kerja kamu kini sudah jadi ukuran kertas F4/Folio. Beres dech.
Cara Membuat Custom Size (Ukuran kertas sendiri) di Microsoft Word 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar