Senin, 15 Februari 2016

Jenis tanaman buah yang ada disekitar kita yang memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kita seperti vitamin dll.
berikut jenis tanamanya:
  1. Pepaya mentah kaya akan zat yang dapat mencernakan makanan. Pepaya cocok untuk kita yang sakit sembelit( sulit buang air besar), cacingan, dan kekurangan air susu.
  2. Nanas dapat mengobati tenggorokan kita yang terkena infeksi atau luka yaitu dengan cara berkumur air sari nenas yang masih segar.
  3. Jeruk, Seperti pepaya dan nenas, buah jeruk juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsikan. Sari buah jeruknya sangat cocok untuk menambah kekuatan tubuh, melancarkan air kencing dan buah jeruk juga jika dikonsumsi secara rutin dan teratur itu dapat menghindarkan kita dari penyakit seperti batuk, influenza dan pendarahan. Segelas air jeruk ditambah garam dapur 1 sendok makan dan madu berkhasiat untuk penderita TBC, asma dan masuk angin.
  4. Semangka merupakan buah yang paling banyak mengandung air oleh karena itu semangka cocok dikonsumsi di musim kemarau karena itu dapat menghilangkan rasa haus juga mencegah kehilangan zat mineral dalam tubuh karena keringat yang terlalu banyak keluar, mencegah pengaruh buruk radiasi panas dan semangka berfungsi sebagai pelumas dan membantu otot-otot dubur dengan memberikan kelembapan dalam usus.
  5. Asam Jawa, daging buah asam jawa yang segar dapat merupakan obat pencahar ringan. Buah yang tua berguna sebagai obat karena adanya minyak yang tidak termasuk minyak (madu,asam). Daun muda asam jawa itu berguna untuk gosok, encok, bisul, dan eksim. Kulit pohonnya mengandung taunein yang berguna untuk obat mandi, obat busa atau salep seperti juga pada daunnya.
  6. Pisang, Buah pisang sangat mengandung energi. Satu buah pisang ambon mengandung sama banyak dengan tiga buah apel. Pisang sangat cocok dijadikan makanan anak-anak bahkan bayi serta pada perempuan hamil pisang sangat bermanfaat untuk memperkuat Rahim dan janin guna memperlancar kelahiran karena buah ini tidak mengandung lemak dan tidak mengandung kolesterol.
  7. Tomat, Buah tomat sangat cocok bagi kita yang ingin idiet dan mengurangi kerutan-kerutan kulit pada tubuh kita. Mengkonsumsi tomat setiap harinya dapat menyembuhkan penyakit lever, encok, sakit kulit tertentu, tuberkulosa dan asma. Orang yang terkena gangguan metabolisme dan sakit jantung dianjurkan makan buah tomat secara rutin.
  8. Jambu Monyet atau Jambu Mete, dalam manfaatnya untuk obat-obatan, jambu monyet juga sangat berguna. Air perasan kulit buah dan daunnya yang berminyak dipakai sebagai obat luar untuk penyakit borok dan kutil yang menahun seperti luka bakar. Akarnya dipakai sebagai obat mencret sedangkan kulitnya dijadikan obat kumur setelah direndam dengan air hangat. Kegunaan istimewa dari jambu monyet adalah dalam mengobati penyakit gangguan jiwa, seperti hilang ingatan, kelelahan kerja dan gangguan seks. Diperkirakan bahwa jambu monyet dapat mengontrol pusat otak yang terganggu seperti mundurnya daya ingatan.
  9. Jeruk Nipis, sangat berguna untuk mengobati batuk, pilek serta suara serak atau suara hilang.
  10. Jambu Biji, cocok digunakan sebagai obat untuk penyembuh diare atau mencret.
  11. Kelapa Muda, Air kelapa muda sangat cocok dijadikan ramuan untuk obat muntah berak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar